Proporsi Nilai Pelanggan
Persaingan bisnis saat ini semakin ketat, perusahaan berusaha membuat produk atau jasa mengikuti kebutuhan dan harapan pelanggan yang terus berubah-ubah. Perusahaan mulai menciptakan berbagai karakteristik baru demi memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Hal ini didukung dengan banyaknya kafe baru bermunculan di Surabaya yang memiliki konsep-konsep berbeda. One Pose Café yang berada di Barat Surabaya dan didirikan pada tahun 2017, kafe ini memiliki dekorasi dengan interior yang lucu dan terdapat sentuhan yang memberikan kenyamanan untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, untuk mengerjakan tugas, atau sekedar me- minum kopi untuk mengawali hari.
Proposisi nilai pelanggan selalu berhubungan dengan ke- butuhan dan harapan pelanggan (Payne & Frow, 2014; Webster, 1994a dalam Rintamäki et al., 2007). Kebutuhan dan harapan pelanggan yang terus berubah menyebabkan proposisi nilai pelanggan juga harus mengikuti kebutuhan dan harapan pelanggan tersebut. Pengembangan proposisi nilai pelanggan dapat memberikan penegasan yang baru akan perbedaan perusahaan dengan perusahaan lainnya dan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan (Payne & Frow, 2014).
Pengertian Proporsi Nilai Pelanggan
- Peta Nilai (Proposisi) menjelaskan fitur proposisi nilai tertentu dalam model bisnis
Anda dengan cara yang lebih terstruktur dan terperinci. Ini memecah proposisi nilai Anda
menjadi produk dan layanan, penghilang rasa sakit, dan pencipta keuntungan.
- Profil Pelanggan (Segmen) menjelaskan segmen pelanggan tertentu dalam model
bisnis Anda dengan cara yang lebih terstruktur dan terperinci. Ini memecah pelanggan
menjadi pekerjaan, rasa sakit, dan keuntungannya.
nilai total atau manfaat yang perusahaan berikan kepada pelanggan.
Gain Creators
Gain Creator menjelaskan bagaimana produk dan layanan Anda menciptakan
keuntungan pelanggan. Mereka secara eksplisit menguraikan bagaimana Anda berniat untuk
menghasilkan hasil dan manfaat yang diharapkan, diinginkan, atau akan dikejutkan oleh
pelanggan Anda, termasuk utilitas fungsional, keuntungan sosial, emosi positif, dan
penghematan biaya. Seperti penghilang rasa sakit, pembuat keuntungan tidak perlu
membahas setiap keuntungan yang diidentifikasi dalam profil pelanggan. Fokus pada hal-
hal yang relevan bagi pelanggan dan di mana produk dan layanan Anda dapat membuat
perbedaan.
Daftar pertanyaan pemicu berikut dapat membantu Anda memikirkan berbagai cara
produk dan layanan Anda dapat membantu pelanggan Anda mendapatkan hasil dan manfaat
yang diperlukan, diharapkan, diinginkan, atau tidak diharapkan. Tanyakan pada diri Anda:
Bisakah produk dan layanan Anda.
ď‚· Buat tabungan yang menyenangkan pelanggan Anda? Dari segi waktu, uang, dan
tenaga.
ď‚· Menghasilkan hasil yang diharapkan pelanggan Anda atau melebihi harapan mereka?
Dengan menawarkan tingkat kualitas, lebih dari sesuatu, atau kurang dari sesuatu.
ď‚· Mengungguli proposisi nilai saat ini dan menyenangkan pelanggan Anda? Mengenai
fitur, kinerja, atau kualitas tertentu.
ď‚· Buat pekerjaan atau kehidupan pelanggan Anda lebih mudah? Melalui kegunaan yang
lebih baik, aksesibilitas, lebih banyak layanan, atau biaya kepemilikan yang lebih
rendah.
ď‚· Menciptakan konsekuensi sosial yang positif? Dengan membuat mereka terlihat bagus
atau menghasilkan peningkatan kekuatan atau status.
ď‚· Lakukan sesuatu yang spesifik yang dicari pelanggan? Baik dari segi desain, jaminan,
atau fitur tertentu atau lebih.
ď‚· Memenuhi keinginan yang diimpikan pelanggan? Dengan membantu mereka mencapai
aspirasi mereka atau mendapatkan bantuan dari kesulitan?
ď‚· Menghasilkan hasil positif yang sesuai dengan kriteria keberhasilan dan kegagalan
pelanggan Anda? Dalam hal kinerja yang lebih baik atau biaya yang lebih rendah.
Penerapan nya pada ide bisnis Kedai Kopi saya yaitu :
Terdapat beberapa nilai yang ditawarkan oleh Sae Coffee
Pertama yaitu Cita rasa yang unik yaitu Produk minuman dan makanan pada Sae Coffee memiliki cita rasa yang khas sehingga dapat menjadi pembeda dengan
produk lain.
Kedua, Jaminan Kualitas produk Sae Coffe Produk minuman dan makanan pada Sae Coffe menggunakan bahan baku yang berkualitas sehingga dapat menjamin kelayakan nya.
Ketiga, Varian rasa Produk pada Sae Coffe sangat beragam, tidak hanya produk kopi melainkan menawarkan produk minuman non-coffee juga
Keempat, Pembelanjaan Online Pada Sae Coffee customer dapat memesan secara Online melalui social media yang sudah tersedia.
Demikian adalah penjelasan mengenai customer value proposition yang perlu kita ketahui. Nilai Proporsi pelanggan sangatlah penting bagi pengusaha karena akan membantu dalam memahami lingkungan bisnis secara lengkap, serta memengaruhi tingkat penjualan (sales growth).
Artikel ini telah di tayangkan di https://inmarketing.id/customer-value-proposition-adalah.html | inMarketing
Artikel ini telah di tayangkan di https://inmarketing.id/customer-value-proposition-adalah.html | inMarketing
Artikel ini telah di tayangkan di https://inmarketing.id/customer-value-proposition-adalah.html | inMarketing
Artikel ini telah di tayangkan di https://inmarketing.id/customer-value-proposition-adalah.html | inMarketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar